Produk Unggulan Kota Surakarta

Rokok
Industri Rokok untuk skala UMKM dikategorikan sebagai K-1000 yakni perusahaan yang memproduksi rokok di bawah 1000 batang per hari. Pada umumnya rokok kretek memerlukan bahan baku tembakau rajangan, cengkeh, dan aroma tertentu agar menimbulkan rasa dan kenikmatan yang khas. Beberapa jenis rokok K-1000 menambah bahan baku seperti kemenyan dan dibungkus dengan daun tertentu yang bertujuan menambah cita rasa yang tidak dimiliki merk lain. Sentra rokok kretek di Jawa Tengah berada di Kudus, Kab/Kota Semarang dan Kota Surakarta.

batik_surakarta.jpgBatik
Industri Batik merupakan salah satu komoditi unggulan di Kota Surakart. Batik telah lama menyatu pada keseharian hidup masyarakat Kota Surakarta sejak jaman dahulu hingga sekarang. Sebagai Kota Budaya di mana terdapat dua pusat kebudayaan yakni Kraton Kasunanan dan Kraton Mangkunegaran yang mengawal keberlangsungan kebudayaan jawa, Kota Surakarta tetap menjadi pusat industri batik di Jawa Tengah. Beberapa sentra batik di Kecamatan Laweyan dan Kecamatan Pasar Kliwon menjadi bukti bahwa industri ini semakin hari semakin eksis. Sentra-sentra industri batik ini yang menjadi salah satu pendukung keberadaan Pasar Klewer sebagai pusat perdagangan pakaian di Jawa Tengah bagian Selatan.

mebel_surakarta.jpgMebel
Industri mebel dari Kota Surakarta sudah terkenal sejak lama, karena mempunyai kualitas yang baik dan harga yang kompetitif. Teknis ukiran yang ada sebagian merupakan warisan dari para leluhur di mana seiring perkembangan jaman mengalami penyempurnaan. Pada mulanya industri mebel ini mengandalkan bahan kayu jati, namun belakangan mulai banyak juga menggunakan kayu mahoni dan jenis yang lain. Sentra-sentra produksi mebel di Kota Surakarta tersebar di Kecamatan Serengan dan Banjarsari.

kerajinan_kaca_surakarta.jpgKerajinan Kaca
Industri kerajinan kaca di Kota Surakarta telah menjadi salah satu komoditi unggulan. Pemasaran produk kerajinan kaca yang beromzet puluhan juta dollar Amerika Serikat telah merambah kota-kota besar di Indonesia, bahkan telah menembus pangsa pasar Eropa seperti Perancis dan Belgia. Produk grafir dan ukir kaca mementingkan kualitas hasil, pengerjaannya membutuhkan ketelitian dan keahlian khusus, sehingga menghasilkan barang bernilai seni tinggi. Misalnya figura, cermin hias, lampu hias, kapal dalam botol, tempa issue dan lain-lain.